Mengenai Saya

Foto saya
"aku hanya mencoba menerka hidup" mencoba bergembira dari bangun tidur hingga tidur lagi

Rabu, 28 Juli 2010

"menyambut hari laparku"

pada saat catatan ini di buat adalah 2 minggu menjelang puasa ramadhan. belum puasa itu benar-benar datang tapi perasaan lapar dan haus sudah mendera terlebih dahulu. entah senang atau sedih tapi puasa selalu mendatangkan sensasi yang berbeda. ini adalah latian kejujuran antara aku dan diriku.


aku masih teringat ketika masih kecil, ketika masih tengah hari dan cuaca sedang begitu panasnya, dan waktu ibadah dzuhur datang, maka segera aku mengambil air wudhu untuk menunaikanya, akan tetapi di sela-sela berwudhu inilah dengan sengaja ku teguk sedikit airnya. rasanya segar sekali walaupun aku tau itu adalah air mentah. tenggorokan menjadi lega, namun hati ini rasanya telah kecewa karena kekalahan melawan diri sendiri. lalu kupandangi mereka yang masih dengan sungguh-sungguh berpuasa, rasanya aku jadi iri, kubayangkan mereka sudah berbondong-bondong membeli pahala dan bersiap masuk surga, akan tetapi aku masih tetap disini sebagai pihak yang kalah.


perasaan ini masih terpaku hingga kini. dan bila mengingat masa itu ku sadari betapa lemahnya imanku, dan bukan hanya saat itu, hingga kinipun kadar keimanan ku masih begitu rapuhnya. aku menjadi mudah tergoda, tergoda keadaan, tergoda dengan setumpuk rayuan, bahkan tergoda untuk mengingkari janji terhadap diri sendiri.


aku mengerti betul kualitas diriku, jika terhadap diri sendiri saja masih bgitu terlenanya untuk tak menepati, bagaimana dengan janjiku kepada sesama?, jika di tarik lebih jauh lagi akan ku pertanyakan janjiku kepada tuhan. namun pertanyaan itu tak lantas aku tanyakan kepada siapapun karena ku yakin belum ada yang mampu untuk menjawab secara sahih.


dan sebelum hari puasa pertama ini benar-benar datang, maka dengan segenap hati aku menyiapkan diri, akan kusambut hari-hari lapar itu dengan gegap gempita. karena ku tau setelah berlapar-lapar seharian hanya akan membuat aku menghargai sebuah ritual yang sering terlupakan yaitu "makan"




Tidak ada komentar:

Posting Komentar